Veterans Memorial Park Sidney versus Nostalgia Park Kupang

oleh
Taman Nostalgia Kupang (Foto: Tribunnews.Com)
Taman Nostalgia Kupang (Foto: Tribunnews.Com)

KOEPANG.COM | Veterans Memorial Park Sidney versus Nostalgia Park Kupang. Di jantung kota Sidney berdiri megah dan indah Veterans Memorial Park. Tidak sekedar taman. Di dalamnya ada bangunan museum. Menyimpan sejuta kisah dan makna sejarah tentara dan perang Australia. Anda temukan di sini.

Tidak jauh dari taman itu, berdiri megah Katedral. Gereja ini masih aktif. Digunakan untuk perayaan misa. Meskipun demikian, gereja ini menjadi obyek wisata. Beberapa sudut di dalam gereja, berdiri petugas pengaman yang siaga mengawasi pengunjung. Satu larangan di sini; dilarang memotret di dalam gereja!

Dari gereja, kita berjalan kaki ke Opera House. Kira-kira 1.5 kilometer. Lumayan jauh, tetapi tetap asyik. Disuguhi pemandangan dan suasana asri. View laut. Dihiasi kapal motor, kapal, dan speed boat.

Mirip tapi tak sama antara Sidney dan Kupang. Sama-sama punya nama “memorial” atau “nostalgia” park. Tapi beda isi di dalam dan aktivitasnya.

Taman Nostalgia Kupang benar-benar taman, tapi tidak ada nostalgianya. Apa yang mau dikenang? Malah hanya melihat anak-anak muda duduk kongkow-kongkow. Berpasang-pasangan di kegelapan.

Warung-warung berjejeran merusak pandangan. Hanya gong perdamaian yang mempercantik taman. Di baliknya tidak ada kisah gong itu yang tertulis.

Ya, wujud, isi, dan suasananya sungguh jauh dari balik namanya “Nostalgia”. Ayo, apa yang mau dikenang? ***

Tentang Penulis: Giorgio Babo Moggi

Gambar Gravatar
Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pendapat atau pikiran tanpa terbelenggu.