Raih Trofi FIFA Ballon d’Or 2015 : Apa Messi ini Manusia?

oleh
Lionel Messi (Foto: nation.com.pk)
Lionel Messi (Foto: nation.com.pk)

| KOEPANG.COM | Raih Trofi FIFA Ballon d’Or 2015 : Apa Messi ini Manusia? Untuk kelima kalinya, Lionel Messi meraih tropi Permain Terbaik Dunia FIFA. Messi mengalahkan dua kandidat kuat lainnya, Christiano Ronaldo dan Neymar da Silva Santos Yunior. Pencapaian ini mempertegas Messi memang hanya dilahirkan menjadi pemain sepak bola sejati. Kata-kata pelatih, pemain, dan mantan pemain sepakbola pun membenarkan pernyataan di atas.

Josep Guardiola, Mantan Pelatih Barcelona

“Tidak ada pemain lain yang seperti dia. Angka-angka itu berbicara sendiri. Suatu hari dia akan bisa mencetak enam gol dalam satu pertandingan. Kami tidak akan pernah melihat pemain seperti dia lagi.”

“Kami hanya mencoba untuk memastikan ia mendapatkan bola. Setelah itu tugas kami selesai. Tahta miliknya dan hanya dia akan memutuskan kapan dia ingin melepaskan hal itu.” (3.) “Terus terang, saya sudah kehabisan kata-kata pujian untuk Messi. Kami sudah tahu, sejak lama, bahwa Messi adalah pemain yang spesial dan luar biasa. Messi lebih dari sekedar penting, dalam segala hal. Kadang sangat tidak masuk akal, seorang pemain semuda dirinya bisa melakukan banyak hal. Saya memang tidak percaya sepak bola didominasi oleh satu pemain. Tetapi kalau anda melihat penampilan Messi yang begitu memikat, itu sangat mempengaruhi tim secara keseluruhan.”

Eric Cantona, Legenda Manchester United

“Lihatlah Messi. Dia seolah telah mewujudkan impian masa kecilnya menjadi kenyataan. Dia tidak melihat dirinya sebagai seorang bintang.”

“Kita bicara tentang seorang pesepakbola yang sangat hebat. Kehebatannya tidak hanya berlaku sekarang, tapi juga di masa depan.”

“Dia selalu turun ke lapangan dengan kepolosan dan kegembiraan bermain layaknya seorang bocah tampah dosa. Anda bisa melihatnya, itu terpancar dari matanya. Saya selalu merasa bahwa permainan Barca memang luar biasa. Tapi Messi diatas segalanya.”

Gary Lineker, Mantan Penyerang Barca

“Rekan satu ini memang jenius! Yang terbaik dalam rentang usia saya, Sounness, Gullit, Venables, dan sekarang Rooney sepakat menyebut Messi yang terbaik yang pernah mereka lihat. Dia memang memainkan permainan yang tidak familiar bagi kami-kami.”

Alan Smith, Mantan Penyerang Arsenal

“Saya pernah sangat begitu gembira bisa satu lapangan dengan Diego Maradona, hingga sekarang dia menjadi pemain terbaik yang pernah kulihat, kini Messi mengambil predikat terbaik sepanjang masa miliknya.”

Demba Ba, Striker Newcastle United

“Apa Messi ini manusia?”

Sebastien Bassong, Bek Tottenham

“Messi mencetak gol dalam satu laga lebih banyak dari gol yang saya cetak sepanjang karir profesional. Hahahahahaa.”

Wayne Rooney, Striker Manchester United

“Messi ini lelucon, bagi saya dia selamanya sebagai yang terbaik.”

Radamel Falcao, Stiker Atletico Madrid

“Ini laga Liga Champions atau laga Playstation Messi? Tak tersentuh, jika sampai dia mencetak 6 gol, apa dia akan membawa pulang 2 bola?”

 

Xavi Hernandez, Pemain Tengah Barcelona

“Messi pemain terbaik di dunia, dan ketika nanti karirnya usai, ia akan menjadi bagian sejarah. Ini gila dengan apa yang dilakukan orang ini. Tak ada pemain lain yang sanggup menentukan laga seperti dirinya. Jika dia tak mencetak gol maka ia akan memberi assist, dia luar biasa, dia mematahkan berbagai rekor, kita harus menikmati keberadaannya.”

“Sudah jelas Messi berada satu tingkat di atas pemain lainnya. Mereka yang tidak melihatnya berarti buta. Setiap musim saya mengatakan bahwa ia pemain terhebat. Dia pemain yang fantastis dan terlebih, dia adalah teman saya, kami memiliki pemain besar seperti Lionel Messi, yang bisa seorang diri mengubah permainan di sekitarnya.”

 

Terry McDermott, Legenda Liverpool

“Messi terbaik sepanjang masa, saya bermain dengan tim Liverpool terbaik di akhir 70-an dan di awal 80-an yang merajai Eropa, namun harus saya katakan tim Barca saat ini bakal menghajar kami babak belur pastinya.”

 

Robin Dutt, Pelatih Bayer Leverkusen

“Tidak ada kata yang tepat untuk menggambarkan Messi. Dia di kelas luar biasa. Tanpa dirinya, Barcelona merupakan tim terbaik di dunia, dengan kehadirannya, Barcelona berasal dari planet lain.”

 

Franz Beckenbauer, Legenda Jerman

“Messi ialah jenius sepak bola, dia penuh skil dan cerdas. Kaki kirinya seperti Maradona, sebagian dari dirinya seperti Bobby Charlton, dan dari insting yang ia miliki menjadikannya sebagai lelaki sejati.”

 

Marca, Media Spanyol yang Pro Real Madrid

“Sang Tangan Kecil Tuhan!”

 

Jordi Alba, Bek Kiri Barcelona

“Messi melakukan apa yang tak bisa dilakukan orang lain. Entah itu di Barcelona maupun di tempat lain. Saya mulai memahaminya dan semua orang di klub ini punya pemikiran hebat.”

 

Diego Maradona, Legenda Sepakbola Dunia

“Saya telah menemukan pemain yang akan mewarisi tempat saya di sepak bola Argentina dan namanya Lionel Messi. Messi adalah pemain jenius. Potensinya tidak terbatas dan saya pikir ia punya segalanya untuk dinobatkan menjadi pemain terhebat Argentina. Yang paling mengejutkanku adalah dia tidak punya masalah dengan kontrol bola. Sepertinya bola selalu menempel di kakinya dan ia merasakan bola tersebut. Itu yang membuatnya berbeda.”

 

Carles Puyol, Bek Barcelona

“Dia adalah pemain spektakuler. Tidak ada lagi pemain yang bisa menyamai sosok Messi. Saya tahu persis soalnya karena saya selalu menderita saat latihan. Saya rasa dia adalah penyerang terbaik saat ini dan juga dalam beberapa waktu mendatang. Saya sangat menikmati permainan Messi setiap hari, sama seperti para supporter melihatnya bermain. Kami memiliki skuad yang hebat. Tetapi Messi adalah bagian terpenting kami. Dia adalah salah satu yang terbaik di dunia.”

 

Victor Valdes, Kiper Barcelona

“Tanpa Messi, Barcelona seakan tidak memiliki keseimbangan. Dia adalah pembeda di tim ini. Aku akan dapat memberi tahu cucu saya, bahwa saya telah dibuat menderita oleh Messi, tapi hanya pada saat latihan.”

 

Gerard Pique, Bek Barcelona

“Badan Leo bergerak kearah tertentu dan bola bergerak kearah yang lain. Anda harus bisa menebaknya dengan tepat kearah mana ia akan berlari atau harus menjatuhkannya. Saat dia mendapatkan bola, ia bisa menciptakan peluang dan membuat serangan sendirian untuk memberikan kemenangan bagi tim Anda. Menyenangkan berada di generasi yang sama seperti Messi. Saya percaya dia pemain terbaik sepanjang sejarah olahraga ini.”

 

Johan Cruiff, Legenda Sepakbola Belanda dan Barcelona

“Dia berhak mendapatkan nilai 10 dari kemungkinan 10 untuk apa yang telah ia lakukan. Dia pemain yang sensasional dan masih bisa berkembang lebih jauh. Dia tahu kapan harus menggerakkan bola dengan cepat dan kapan ia harus melakukan misi mustahil. Kalau ia sudah tahu melakukan semuanya, maka ia akan menyabet tidak hanya golden ball, tapi semua jenis trofi.”

 

Ronaldinho, Mantan Penyerang Barcelona dan AC  Milan

“Leo Messi mengingatkan saya pada Maradona. Keduanya berkaki kidal dan bertubuh pendek. Messi adalah pemain terbaik dunia. Sejak dia datang untuk berlatih bersama kami, kami tahu bahwa ia akan menjadi pemain hebat. Suatu hari akan saya jelaskan bagaimana saya berada dalam proses lakhirnya seorang pemain legendaries dunia yaitu Lionel Messi.”

 

Frank Rijkaard, Mantan Pelatih Barcelona

“Messi adalah pemain yang unik, sebab ia mampu melakukan hal-hal yang mustahil dengan brilian. Ia pemain hebat, dia bisa tampil beda pada tiap moment.”

 

Carlos Tevez, Penyerang Manchester City dan Timnas Argentina

“Kecepatan larinya sangat menakjubkan. Dia bisa berlari dari nol ke 100 dalam waktu 1 detik. Saya selalu berada di sekitar pemain hebat seperti CR dan Rooney, namun Messi berada selangkah di depan mereka.”

 

Thibaut Courtois, Kiper Atletico Madrid

“Sebuah pengalaman spesial melihat dia mendribel bola. Tak diragukan lagi dia adalah pemain terbaik di dunia.”

 

Arsene Wenger, Manager Arsenal

“Messi itu seperti di PlayStation. Dia memanfaatkan semua kesalahan yang dibuat oleh lawan. Dia membuat yang mustahil menjadi mungkin. Dia memiliki sesuatu yang luar biasa. Sedikitnya, dia punya masa bermain enam hingga tujuh tahun lagi, dengan catatan tidak terjadi apa-apa. Pada saat itu, Messi akan berada pada tingkat yang tidak terpikrkan sebelumnya.”

 

Ossie Ardiles, Mantan Timnas Argentina

“Messi berasal dari planet lain. Saya mengatakan itu karena saat ini dia berada jauh di depan pemain-pemain lain. Tidak ada kata-kata yang dapat menggambarkan seorang Messi.”

 

Luis Figo, Mantan Pemain Barcelona, Real Madrid, dan Inter Milan

“Untuk saya, bisa menyaksikan Messi bermain adalah sebuah kenikmatan. Rasanya seperti mengalami orgasme, sebuah kenikmatan luar biasa.”

 

Sergio Ramos, Pemain Real Madrid

“Sejak pertama kali melihatnya bermain, saya selalu mengatakan bahwa Messi akan selalu membuat kejutan dan dia melakukannya setiap hari sejak saat itu.”

 

Jose Aurelio Gray, Mantan Pelatih Zaragoza

“Tidak ada kata lagi untuk menggambarkan Messi. Dia berasal dari planet lain. Kami bisa saja mengalahkan Barcelona, namun kami tak akan pernah menaklukkan Leo Messi. Jika kami membuat 4, maka Messi akan membuat 12.”

 

Julio Grondona, Presiden Federasi Sepakbola Argentina

“Tanpa Messi, tidak ada tim untuk Argentina. Messi sangat brilian, berbeda dengan yang lain, dengan mentalitas yang kuat. Kami berharap dia tidak akan pernah berubah.”

 

Juan Sebastian Veron, Mantan Timnas Argentina

“Saya melihat Maradona setiap kali melihat Messi mendapat bola dan kemudian menggiringnya. Kami harus melindunginya. Saya sendiri akan menyimpannya dalam laci di sebelah tempat tidur.”

 

Mikel Arteta, Gelandang Arsenal

“Seakan-akan ada yang mengkomando dari tribun, seperti di video game. Saya tidak pernah melihat pemain berlari sangat cepat dengan bola di kakinya. Saya belum pernah nonton permainan Maradona, sehingga saya tak dapat membandingkannya. Akan tetapi Messi tak terkalahkan.”

 

Marcel Desailly, Legenda Perancis

“Dia selalu menarik pemain lain dari setiap gerakannya. Bermain umpan satu dua untuk membuka ruang dan mengalahkan pemain lawan. Itu adalah spesialisasi Messi. Dia sangat sulit untuk dijaga.”

 

Fabio Capello, Pelatih Timnas Inggris

“Seperti Ronaldinho, Messi memiliki kualitas luar biasa. Ia dapat mengelabui kapan saja.”

 

Alfio Basile, Mantan Pelatih Timnas Argentina

“Hanya pemain jenius yang bisa melakukan itu. Benar-benar luar biasa. Dia memang menuju ke arah itu (menjadi seperti Maradona). Saya memiliki kesempatan berlatih dengan keduanya. Mereka sama-sama bisa melakukan sesuatu yang pemain lain tak mampu melakukannya.”

 

Victor Fernandes, Mantan Pelatih Zaragoza

“Tak bisa dipungkii lagi, Lionel Messi adalah pemain terbaik dunia saat ini. Tidak hanya dengan gol-golnya yang cantik, tapi semua permainanya luar biasa.”

 

Paolo Maldini, Legenda Italia dan AC Milan

“Saat saya melihat Messi bermain, dalam opini saya, ia seharusnya memenangkan Ballon d’Or setiap tahun. Ia pemain yang sulit dipercaya.”

 

Paco Gento, Legenda Real Madrid

“Pemain Barca yang harus diwaspadai dalam El Clasico nanti adalah Messi. Apabila dia bermain, tim seakan bermain dengan 15 orang pemain. Kemampuannya setara dengan lima orang. Dia benar-benar luar biasa.”

 

Pepe Reina, Kiper Liverpool dan Timnas Spanyol

“Messi dan Ronaldo sama-sama pemain hebat. Tapi, menurutku Messi lebih komplit.”

 

Jose Antonio Zaldua, Legenda Barcelona

“Messi adalah pemain terbaik yang pernah saya lihat sepanjang hidup saya. Saya telah melihat Pele, Di Stefano, Maradona, dan Cruyff tetapi tidak ada yang seperti Messi. Ini terlihat dari begitu mudahnya dia mencetak gol.”

 

Sergio Batista, Mantan Pelatih Argentina

“Dia adalah pemian yang luar biasa. Dia mampu bergerak cepat dan bermain sangat baik dan itu memberi rasa percaya diri yang besar pada tim. Setelah berbagai macam masalah, semua usaha terbayarkan.”

 

Samuel Eto’o, Mantan Pemain Barcelona

“Ronaldo adalah pemain yang hebat, Tapi Messi berada di atas pemain manapun saat ini. Dia mampu menampilkan permainan memukau tidak hanya saat latihan, tapi juga saat pertandingan. Dia Maradona baru. Dia adalah pemain yang mampu membuat semua orang bermimipi bermain sepertinya.”

 

Thiery Henry, Mantan Pemain Barcelona

“Messi adalah yang terbaik. Apa yang sudah ia lakukan jauh dari perkiraan semua orang. Messi yang terbaik, dia berasal dari dunia lain. Dia luar biasa. Saya menegaskan C. Ronaldo satu hal, tapi Messi banyak hal.”

 

Ricardo Kaka, Pemain Real Madrid

“Saya mengidolakan kemampuan Messi dalam mengontrol bola. Dia menjadi salah satu pemain yang akan anda inginkan dalam tim anda. Ia mempunyai kemampuan yang tidak masuk akal dan dapat mengendalikan bola dengan luar biasa dan itu menjadikannya salah satu pemain terbaik di dunia.”

 

Antonio Cassano, Pemain AC Milan

“Ronaldinho lebih baik daripada C. Ronaldo. Tapi mereka berdua masih dibawah Leo Messi.”

 

Alexandre Pato, Pemain AC Milan dan Timnas Brazil

“Messi adalah pemain yang unik, saya masih harus menghabiskan banyak waktu setiap hari untuk menyejajarkan diri dengan kemampuan Messi.”

 

Sandro Rossel, Presiden FC Barcelona

“Messi adalah pemain luar biasa, dia sangat menakjubkan. Saya tidak tahu bagaimana Anda menggambarkan sosok Messi, tidak ada kata-kata lagi untuk menerangkannya.”

“Bagi saya tidak bisa membandingkan Messi dengan yang lain. Dia adalah pemain terbaik yang pernah ada. Saya tidak pernah berpikir akan pernah melihat pemain lain seperti dia.”

 

Mano Menezes, Pelatih Timnas Brazil

“Leo Messi adalah yang terbaik saat ini, cara menilai sepak bola adalah melalui sukses di gelar. Dia sudah mendapatkannya di Barcelona. Kemudian dia lebih matang.”

 

Mario Gomes, Pemain Bayern Munchen dan Timnas Jerman

“Tak ada satu pun pemain yang dapat dikomparasikan secara sejajar dengan Messi. Dia unik, dan tak diragukan lagi, dia adalah pemain terbaik di dunia. Saya tidak gila dan tak ingin membandingkan diri dengan Lionel Messi. Dia adalah pemain terbaik sepanjang masa. Dia menginspirasi saya untuk mencetak banyak gol.”

 

Thiago Silva, Pemain AC Milan dan Timnas Brazil

“Dia sangat cepat dan seorang pemain yang diberkati secara teknis. Ketika melawannya, Anda harus membuat keputusan instan. Saat dia mulai mendekati Anda, Anda harus membuat tanda salib dan berdoa bahwa semuanya akan baik-baik saja.”

 

Pele, Legenda Sepakbola Dunia

“Saat ini saya tidak merakukan lagi kemampuan Messi. Dia pemain terbaik saat ini. Saya tidak melihat ada pemain yang lebih baik.”

 

Miranda, Pemain Atletico Madrid

“Bagiku Messi merupakan yang terbaik. Dia selalu respect terhadap lawan. Bahkan saat mencetak gol dia tidak mempermalukan lawan. Hal yang perlu ditiru oleh CR.”

 

Sergio Aguerro, Pemain Manchester City dan Timnas Argentina

“Messi adalah pemain terbaik. Dia layak mendapatkan Ballon d’Or. Messi akan tetap menjadi pemain terbaik dunia sampai dia pensiun. Saya tidak terkejut dengan performa Messi saat ini. Dia pemain terbaik dunia. Dia pasti yang terbaik. Messi akan memenangkan bola emas yang amat banyak.”

 

Michael Owen, Pemain Manchester United

“Belum terlalu tua utuk melihat beberapa pemain hebat, tapi tidak percaya orang bisa memainkan permainan sepakbola seperti Messi.”

 

Rudi Voeller, Direktur Olahraga Bayer Leverkusen

“Ini bukan hanya mengenai 5 golnya hari ini (pasca 5 gol messi ke gawang Bayer Leverkusen di 16 besar UCL musim 11’-12’). Dia telah menunjukkan hal ini bertahun-tahun. Sekarang ia telah menyamai level Pele dan Maradona. Kadang-kadang anda perlu berdiri di atas kaki Messi untuk menahannya dalam pertandingan.”

 

Gary Lineker, Mantan Pemain Liverpool

“Messi jenius! Dia yang terbaik selama hidup saya. Belum pernah benar-benar melihat Pele. Tunggu sampai dia besar nanti.”

 

Neymar, Pemain Timnas Brazil

“Aku adalah pengidola Messi dan menyaksikan gol pertamanya (ke gawang Bayer Leverkusen). Aku bersorak agar dia terus mencetak gol. Jadi, aku dapat terus menirunya.”

 

Alejandro Sabella, Pelatih Timnas Argentina

“Untuknya, kita harus menciptakan sebuah adjektiva baru, saya tak menganggap sesuatu yang krusial bahwa Messi wajib menjuarai Piala Dunia untuk menjadi yang terbaik, apa yang dilakukannya adalah unik. Bagi saya ia tak dapat dibandingkan dengan pemain manapun. Saat ini adalah kejayaan Messi. Saya pun senang karena akan dapat mengatakan bahwa saya sempat melatihnya.”

 

Lambert, Legenda Borusia Dortmunt

“Messi sungguh sosok yang luar biasa. Hal yang membuatnya hebat adalah dia sosok yang rendah hati. Dia tak pernah membuat hal yang konyol, dia tetap menjadi pribadi yang rendah hati. Di usianya yang baru 24 tahun, tapi kelasnya sudah mendunia.”

 

Jose Luiz Chilavert, Legenda Kiper Paraguay

“Messi yang terbaik, jauh lebih baik dari yang lainnya. Maradona dan Pele mengikuti berikutnya. Bagi saya, perbandingan ini sangat disayangkan. Tidak ada yang perlu dipertanyakan untuk ini, dia pemain terbaik dunia.”

 

Lucas Leiva, Pemain Liverpool dan Timnas Brazil

“Ronaldo atau Messi? Jika yang anda maksud Cristiano dan tidak berasal dari Brazil, maka saya menjawab Messi.”

 

Michel Platini, Presiden UEFA dan Legenda Sepakbola Perancis

“Messi tak pernah lelah, dia selalu manis dan bagus di lapangan. Dia seorang ‘Pembunuh’ dan memiliki naluri mencetak gol yang hebat. Tak ada rahasia lagi, Barca harus memanfaatkan kualitasnya, karena dia selalu melakukan hal-hal hebat. Saya melihat partai Piala Dunia klub di Jepang dan itu sangat mengagumkan. Bukan hanya Messi saja yang memberi sentuhan akhir hebat dan menunjukkan hasrat besar. Tapi, semua pemain Barca melakukan hal yang sama dan menyatu dalam semangat. Itulah cara bermain yang benar.”

 

Andreas Brehme, Mantan Pemain Timnas Jerman

“Saya tidak akan mampu menghentikan Messi. Dia fenomenal. Dia benar-benar membuat saya tertarik, terutama ketika saya melihatnya di final Liga Champions saat melawan MU. Dia menjadi masalah besar bagi Vidic dan Ferdinand. Menurut saya dia lebih baik dari Maradona. Dia masih muda dan telah memenangkan segalanya, dia memiliki kecerdasan yang luar biasa. Itu sesuatu yang tidak dimiliki Maradona.”

 

Mezut Ozil, Pemain Real Madrid dan Timnas Jerman

“Sungguh impresif melihat bagaimana Messi bermain melawan Leverkusen (Messi mencetak 5 gol ke gawang Leverkusen). Tentu saja dia pemain berkelas, seperti halnya pemain lain dari Barcelona.”

 

John Terry, Pemain Chelsea dan Timnas Inggris

“Anak-anakku mengagumi Messi. Bagiku, Messi memiliki segalanya. Dia ajaib. Jelas bagiku, Messi yang terbaik yang pernah ada. Dia individu yang hebat, orang besar juga dan kredit untuk Olahraga.”

 

Frank Ribery, Pemain Bayern Munchen

“Jangan bandingkan Messi dengan pemain lain. Dia mungkin bukan dari sepakbola. Ia pemain terbaik sepanjang masa.”

 

Petr Cech, Kiper Chelsea

“Teknik bolanya yang hebat, tetapi yang paling penting ia bisa bereaksi terhadap bagaimana permainan berkembang. Pada saat-saat terakhir dalam setiap situasi ia dapat menemukan solusi ideal. Ada banyak cara Messi bisa menyelesaikan serangan.”

 

Frank Lampard, Pemain Chelsea

“Messi telah meningkat sejak kami bertemu mereka pada tahun 2009 dan dia adalah pemain fantastis. Level permainannya adalah sesuatu yang saya belum pernah lihat sebelumnya. Saya dibesarkan dijaman Maradona. Dia adalah idola saya dan saya pikir Messi telah melampauinya ke tingkat lebih tinggi. Untuk mendekati 70 gol dalam semusim adalah hal yang gila. Dia layak untuk itu. Dia adalah pemain terbaik di dunia.”

 

Jorge Solari, Mantan Pemain Timnas Argentina

“Dia pemain terbaik dalam sejarah sepakbola. Itu ditunjukkan dari setiap pertandingan, semua yang dia dapatkan, usianya, kapasitas, sikap, baik diluar maupun diluar lapangan. Dia anak yang serius dan juga periang disaat yang bersamaan.”

 

Frederic Kanoute, Mantan Pemain Sevilla

“Messi bukan manusia, dia dari planet lain. Saya sudah berhadapan dengannya beberapa kali. Dan dia luar biasa, dia bukan pemain yang normal. Dia melakukan sesuatau yang hanya bisa dilakukan oleh dirinya sendiri. Dia pemain yang berbeda.

Sumber : Dikutip dari http://debepe.tumblr.com (Foto Feature: Goal.Com)

Tentang Penulis: Giorgio Babo Moggi

Gambar Gravatar
Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pendapat atau pikiran tanpa terbelenggu.