Selayang Pandang Paduan Suara San Jose

oleh
San Jose Choir Kupang (Foto: Youtube.Com)
San Jose Choir Kupang (Foto: Youtube.Com)
San Jose Choir Kupang (Foto: Youtube.Com)

| KOEPANG.COM |  Selayang Pandang Paduan Suara San Jose. Paduan Suara San Jose Paroki St. Yoseph Naikoten Kupang tampil pada 1st Lanna International Choir Competition di Chiang Mai, Thailand, 19 – 23 Oktober 2016. Kehadiran mereka  setidak-tidaknya telah mewakili NTT bahkan Indonesia pada ajang bergensi ini di Thailand.

Profil Paduan Suara San Jose Choir

Untuk wilayah Kota Kupang, kelompok paduan suara ini tidak asing lagi. Akan tetapi bagi masyarakat di luar Kota Kupang belum mengenalnya seara lebih dalam.

San Jose adalah paduan suara yang beranggotakan Orang Muda Katolik (OMK) yang berdomisili di Kota Kupang. Paduan suara ini dibentuk pada tahun 2009. Keanggotaannya pun sebatas  OMK Paroki St. Yoseph Naikoten Kupang. Sejalan dengan perjalanan waktu, keanggotaan paduan suara ini terbuka juga bagi OMK dari paroki lain di wilayah Kota Kupang.

Dari waktu ke waktu, San Jose terus berkembang, melakukan latihan secara rutin dan merekrut anggota baru.

Sejak berdiri, San Jose telah mengikuti berbagai ajang.  Tahun 2010,  San Jose mengikuti Lomba Lomba Paduan Suara Sekota Kupang yang diselenggarakan oleh BPR Tanaoba Lais Manekat (TLM). Pada ajang tersebut, San Jose meraih trofi juara I untuk kategori Paduan Suara Pemuda. Prestasi serupa berulang lagi pada ajang yang sama pada tahun 2012 dan 2014.

Selain  di Kota Kupang, San Jose mendapat kehormatan untuk mengikuti kompetisi internasional yang bertajuk   “Bali International Choir Festival 2012” di Denpasar – Bali. San Jose berhasil menyabet 2 medali emas untuk kategori Folklore serta Gospel Negro Spiritual.

Selain mengikuti berbagai ajang kompetisi, Paduan Suara San Jose  rutin memberikan pelayanan dengan mengisi liturgi di Gereja Katolik St. Yosep Naikoten dan berbagai liturgi di luar gereja seperti pada acara Pemakaman, Ulang Tahun Kelahiran, Ulang Tahun Pernikahan, Pemberkatan Nikah, Pemberkatan Rumah dan lain sebagainya.

Aktivitas Ekstra Paduan Suara San Jose

Paduan Suara SAN JOSE Kupang Tampil di Lanna International Choir Competition Chiang Mai”]Selain mengisi liturgi dalam perayaan ekaristi kudus (misa),  San Jose melayani pelayanan liturgi oikumene seperti Natal Bersama, Paskah Bersama yang diselenggarakan oleh Instansi Pemerintah, Swasta, Partai Politik dan Instansi lainnya. Diantaranya adalah Paskah Oikumene Provinsi NTT (2012), Paskah Oikumene Provinsi NTT (2013), Natal Oikumene Provinsi NTT (2014), Natal Nasional Partai Demokrat di Kupang, Natal Nasional Partai Golkar di Kupang, Natal Nasional partai Nasdem di Kupang, Natal Bersama Bank NTT (2015) dan Natal Bersama BMPD NTT (2015).

[irp posts=”1112″ name=”Paduan Suara SAN JOSE Kupang Tampil di Lanna International Choir Competition Chiang Mai”]Tahun 2013, San Jose juga melakukan melakukan pertemuan persahabatan dengan Orang Muda Katolik Republik Demokratic Timor Leste (RDTL) di Dili.  San Jose juga beraudiens dengan  dengan Uskup Dili dan Menteri Pemuda Timor Leste saat itu. Ditutupi dengan Konser Bersama Paduan Suara San Jose dan Orang Muda Katolik Dili. ***

Tentang Penulis: Giorgio Babo Moggi

Gambar Gravatar
Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pendapat atau pikiran tanpa terbelenggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *