Menembus Pos Lintas Batas Negara Indonesia – Timor Leste

oleh

KOEPANG.COM – Tugas kami usai. Jalan-jalan adalah agenda berikut. Kemana ya? Nah, itu pertanyaan pertama kami setiba di Timor Hotel.

Tanya sana-sini. Pilihan jatuh Motaain. Tentu para sahabat pada tahu tentang Motaain. Bukan nama dan tempat yang asing.

Tapi, berapa jauh atau jarak Motaain? Kata petugas hotel, Motaain tidak jauh.

“Dekat sa. Hanya 30 menit.” Kata resepsionis.

“Tiga puluh menit?” Saya bergumam.

Wah, penulis tidak terlalu yakin dengan jawaban resepsionis. Tapi setiap orang yang kami tanya jawaban hampir sama.

“Tidak jauh. Dekat sa.”

Kami memang harus hitung waktu secara akurat. Sekembali dari Motaain kami harus melanjutkan perjalanan tugas ke Malaka. Kami takut terlambat dan ditinggalkan kendaraan.

Untuk meyakinkan diri, Ansel check di Google map. Mengejutkan. Lama perjalanan 2 jam. Track jalan yang ditampilkan Google ke arah selatan wilayah Malaka.

“Akh, Google yang benar saja?” Tanyaku pada Ansel.

Saya kembali ke resepsionis. Memastikan jarak tempuh PBLN Motaain. Saya tidak tanya lagi soal waktu tempuh. Saya minta petunjuknya. Wanita itu menjelaskan supaya cepat kami bisa lewat bandara.

Bandara inilah yang menjadi kata kunci. Kami set lagi di Google map. Bukan lagi Atambua-Motaain tapi Atambua-Bandara. Intinya temukan dulu bandara. Selanjutnya, kami tanya pada masyarakat yang kami jumpai di jalan.

Sebelum naik di atas motor, saya setel Google map. Tujuannya bandara. Tanda-tanda awal baik. Kami mengikuti arah yang dipandu oleh Google map. Di penghujung rute, Google map menyatakan kami sudah tiba di tujuan.

“Akh, Google yang benar saja?”

Kami tengok kiri kanan. Tak ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa lokasi tersebut kawasan bandara. Landasan tak tampak. Gedung pun tak ada. Yang tampak hanya sebuah gudang atau kantor yang mana berjejer alat berat di halamannya.

Tentang Penulis: Giorgio Babo Moggi

Gambar Gravatar
Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pendapat atau pikiran tanpa terbelenggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *