Meneguk Angin, Mengusir Gerah di Napae

oleh

KOEPANG.COM – Napas lega saat Susi Air mendarat di Terdamu. Saya bergegas melangkah keluar pesawat. Hawa di luar panas. Tidak berbeda jauh dengan suhu udara di Kupang.

Di luar gedung kedatangan, seorang ojek menyapa dan menawarkan jasa. Tanpa ragu, saya memintanya untuk menghantarkan saya ke penginapan atau hotel terdekat.

Sang ojek mengantar saya ke penginapan “Susi”. Lengkap sudah. Naik pesawat Susi dan menginap di Susi – kedua susi ini tidak ada hubungan kepemilikan. Kebetulan sama saja. Nama penginapan ini merupakan dedikasi sang pemilik kepada putri sulungnya yang bernama Susi.

Seperti perjalanan saya sebelumnya di beberapa kabupaten di NTT, hal yang pertama saya tanyakan obyek wisata. Baik wisata alam maupun wisata budaya. Lokasi wisata yang masih ‘pure’. Belum terkontaminasi oleh modernisasi. Sang ojek menawarkan jalan-jalan ke pelabuhan Seba, Lokasi Wisata Napae, Tambak Garam di Lede Ana, dan terakhir di Kampung Namata.

Saya pun setuju. Suasana pelabuhan ramai. Hiruk pikuk. Kapal Express Cantika baru saja berlabuh setelah berlayar selama 4 jam dari Kupang. Hawa panas sekali, lalu saya minta tukang ojek ke tempat yang lain. Dibawalah saya ke Lokasi Wisata Pantai di Napae.

Pantai Napae terletak di sebelah timur pelabuhan Seba. Jaraknya pun tidak terlalu jauh. Di depan Napae terdapat lapangan sepak bola. Antara lapangan dan lokasi ini dipisahkan oleh tembok batu karang.

Fasilitas dasar terbilang memadai. Lopo atau rumah kecil khas Sabu tersedia. Penerangan pun sudah ada. Memanfaatkan teknologi solar system – dari panas matahari yang terbuang-buang.

Saat kami tiba, suasana Panae sepi. Tidak ada pengunjung. Beberapa motor di samping lopo. Hanya para nelayan dan penjaja ikan di tepi pantai.

Melihat konsep pembangunan Panae sudah menjawab kebutuhan masyarakat lokal. Tempat ini tidak hanya menjadi lokasi wisata, juga untuk berbagai kebutuhan lain seperti camping, pertemuan, dan sebagainya. Tinggal bagaimana anda memanfaatkannya. Dan, jangan lupa merawatnya. Panae, aset bersama masyarakat Sabu. Copabana-nya negeri Rai Hawu.

Ya, jika anda sedang berada di Seba, luangkan waktu ke Napae. Mengusir gerah, menghilangkan penat.***