Alor Under Water Ekspos Keindahan Bawah Laut Alor

oleh
Ilustrasi (Foto: Nova.grid.id)
Ilustrasi (Foto: Nova.grid.id)

| KOEPANG.COM | Alor Under Water Ekspos Keindahan Bawah Laut Alor. Propinsi Nusa Tenggara memiliki 1,192 buah pulau yang terdiri dari pulau besar dan kecil. Pulau yang bernama sebanyak 473 buah. Dari 1.192 pulau yang dihuni sebanyak 43 buah.

Luas wilayah daratan NTT 47.349 Km2. Sedangkan luas lautan 200 Km2. Lautan yang begitu luas memendam potensi dan prospek bagi dunia pariwisata.

Di ujung Timur terdapat Alor dan kepulauan sekitarnya memendam potensi wisata bahari. Keindahan bawah lautnya memicu sembilan fotografer dari Indonesia dan mancanegara untuk mengabadikannya.

Mereka adalah Muljadi Pinneng Sulungbudi (Indonesia), William Tan (Singapura), Yuriko Chikuyama (Jepang), Dewi Wilaisono (Indonesia), Edly Tehier (Indonesia), Ferry Rusli (Indonesia), Gemala Hanafiah (Indonesia), Ria Qorina Lubis (Indonesia), dan Steven Ko (Taiwan).

Usaha dan kerja keras para fotografer selama 7 hari membuahkan hasil yang maksimal dalam bentuk sebuah buku. Tentu karya mereka menjadi persembahan istimewa bagi Propinsi NTT yang akan merayakan ulang tahun ke-56 dan Pemerintah Kabupaten Alor pada khususnya.

Seperti diakui Pinneg Sulungbudi, mereka tidak mudah untuk menghasilkan karya yang spektakuler dalam tempo yang singkat.

“Cukup mustahil dengan membuat buku ini karena diselesaikan hanya dalam tujuh hari untuk mengumpulkan foto, tujuh hari untuk membuat caption, dan tujuh hari untuk mengedit,” ungkap Pinneng.

Buku yang diberi judul “Alor Underwater” mengungkapkan keindahan alam bawah laut di Alor. Kehadiran ini buku ini akan menjadi daya magnetis bagi wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, menyambut baik buku karya para fotografer ini. Pada acara peluncuruan buku “Alor Underwater” di Balairung, Gedung Sapta Pesona Kementeriaan Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin (15/12/14), mengakui keindahan bawah laut di Alor yang tiada duanya. Bahkan Lebu Raya mengatakan Alor lebih indah dari Raja Ampat karena keasliannya.

“Kalau sudah ke Raja Ampat yang menjadi surganya para divers, maka harus ke Alor juga. Karena aslinya lebih bagus,” ujar Gubernur Nusa Tenggara Timur (15/12/14).

Lebih lanjut Lebu Raya mengungkapkan bahwa belum lengkap hidup rasanya bila belum berkunjung menyaksikan komodo. NTT juga memiliki daya tarik destinasi pariwisata lainnya seperti Danau Tiga Warna Kelimutu, Lembata, ekotisme megalitik dan pesona pasola di Sumba, suku asli Boti di Timor atau gelombang laut sempurna di Nemberala Rote – titik terselatan NKRI.

“Dibawah laut NTT terungkap surga bagi dunia wisata yang eksklusif dan eksotis, yakni Alor. Untuk lebih memperkenalkan Taman Laut kami menyajikan Alor dengan melaunching buku Alor Underwater untuk penikmat pariwisata,” ungkap Frans.

Buku Alor Underwater dengan 100 halaman ini merupakan buku yang berisi kumpulan foto, menggambarkan keindahan alam serta budaya Kabupaten Alor .

Tentang Penulis: Giorgio Babo Moggi

Gambar Gravatar
Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pendapat atau pikiran tanpa terbelenggu.